Kamis, 22 Maret 2012

Tips Merawat Baterai Laptop Atau Notebook

Salah satu tujuan kita beli laptop atau notebook adalah supaya memudahkan kita untuk membantu pekerjaan kita dimanapun tempatnya. Namun jika baterai laptop atau notebook kita sudah cepat lowbat atau boros, tentu itu tidak akan memudahkan kita lagi melainkan akan merepotkan Bagi pengguna laptop atau notebook. karena kemana-kemana harus membawa charger.

Nah dibawah ini ada beberapa tips agar baterai tetap awet.
1. Usahakan agar konsumsi daya dibuat sekecil mungkin agar tidak cepat menguras tenaga baterai, beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menghemat konsumsi daya baterai : - Lakukan defrag pada hardisk secara berkala karena semakin bagus kinerja hardisk maka konsumsi daya juga semakin kecil. - Menambahkan / upgrade RAM, semakin cepat kemampuan kerja laptop maka daya yang dibutuhkan juga lebih kecil.
2. Salah satu penyebab kerusakan baterai laptop adalah panas yang berlebihan ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama, maka hal yang harus dilakukan yaitu : - Gunakan colling pad, alat ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara, sehingga dapat mengurangi panas.
3. Gunakanlah laptop sampai baterai laptop hampir habis sebelum mencharger kembali baterai laptop. (biasanya lampu power/standbay akan menyala dan alarm akan berbunyi ketika baterai hampir habis). Hal ini berguna untuk mencegah siklus pengecasan kembali yang terlalu sering. Dengan cara ini umur baterai laptop akan menjadi lebih panjang.
4. Atur pilihan power sistem operasi komputer agar baterai bisa digunakan lebih lama. Di Windows XP, misalnya, klik menu “Start”, kemudian “Control Panel”, “Performance and Maintenance”, “Power Options” kemudian “Power Scehmes” pilih “Portable/Laptop” kemudian klik “OK”
5. Jangan tinggalkan laptop dalam keadaan stand-by lebih baik gunakan fasilitas hibernate, hal ini dilakukan karena walaupun dalam kondisi Stand-by daya masih mengalir sehingga baterai menjadi boros oleh karena itu gunakan lah Hibernate.
6. Jika laptop digunakan untuk waktu yang lama lebih baik copot baterai agar lebih menghemat cycle baterai.
7. Kebanyakn laptop terbaru memiliki fitur BIOS advance yang bisa mengkontrol jumlah daya yang digunakan oleh setiap komponen internal laptop seperti CPU. Aturlpilihan power untuk memakasimumkan daya tahan baterai (lihat buku manual pengguna latop bila perlu).

Hmmm,,Cukup mudah bukan ?? namun ini hanyalah sebuah usaha saja.apa salahnya usaha..hhe :)
tetapi walaupun sudah melakukan perawatan dengan baik suatu saat tetap ada saatnya kita terpaksa harus mengganti dengan baterai baru.

Demikian Tips Merawat Baterai Laptop Atau Notebook dari saya, semoga bermanfaat..

Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. Simpel tapi bermanfaat artikel ini sobat :-)

    Saya juga selalu berusaha menghabiskan sampai tinggal 10%-7% baru kemudian dicharge... dan sebisa mungkin mencharge sampai penuh 100%

    terimakasih yups

    salam semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kawan..

      sama-sama,memang harus seperti itu supaya gak cepat rusak..

      salam semangat juga untuk sobat :)

      Hapus
  2. trims banget y sob atas tipsny... langsung dilaksanakan demi kebaikan laptopku tersayang^^

    happy blogging...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sob...

      happy blogging juga :)

      Hapus