Malware Berkedok Cinta di Facebook

Bulan februari telah datang, biasanya Bulan Februari ini identik dengan tema cinta, karena ada hari Valentine di dalamnya.

Nah Malware ini memanfaarkan momen hari Valentine tersebut.

Anda harus berhati-hati karena clickjacking, yaitu aktivitas malware yang diawali dengan mengklik situs, sudah terdeteksi menjalankan aksinya dengan memanfaatkan romantisme Valentine. media jejaring sosial pun menjadi salah satu sasaran penyebarluasan.



Temuan tersebut disampaikan oleh Trend Micro, salah perusahaan keamanan internet. Trend Micro telah menemukan dan mengidentifikasi malware Valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia.

kata Trend Micro, Serangan malware itu dimulai dengan ditemukannya sebuah posting dalam wall pengguna dan orang lain, yang berisi ajakan untuk mengklik dan meng-install tema atau theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi itu akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.

Bagi pengguna yang mengklik dan meng-install melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman pengguna Facebook .

Selanjutnya dengan terinstalnya apikasi ini, maka malware itu akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, Anda akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A sampai saat ini tidak terindikasi melakukan teknik pencurian data. Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.


3 komentar:

  1. Ahhayy ,,
    Info yang menarik Sob ,,,
    jadi harus hati - hati ini ,, :D
    Suksess teruss :D
    AMANKANN PERTMAAXXX

    BalasHapus
  2. foolow no 50. kumaha damang. hehehe

    nuhun ah informasina yeuh, jadi kudu ati ati. "think before klik" ulah 'klik before think" nya

    keep posting bro

    BalasHapus