Jumat, 27 Januari 2012

Pendiri Intel

Perangkat semikonduktor dan Timbal Struktur Sirkuit terpadu. Didirikan oleh Robert N. Noyce.

Biografi Penemu 
Robert N. Noyce yang lahir pada 12 Desember 1927 di Iowa, meninggal 3 Juni 1990. merupakan salah satu pendiri Fairchild Semiconductor di tahun 1957 dan perusahaan chip terkemuka, Intel, pada tahun 1968. Dengan berkembangnya industri chip, industri teknologi pun berkembang di salah satu kawasan di California.

Kelak, kawasan itu kemudian dikenal dengan nama Silicon Valley. Berkat jasa Noyce di dunia teknologi inilah Noyce mendapat julukan: Walikota Silicon Valley.

Lulusan Massachusetts Institute of Technology ini juga yang memegang paten atas sejumlah penemuan mengenai struktur dan perangkat semiconductor.

Robert N. Noyce menerima sebuah B.A. dari Grinnell College (Iowa) pada tahun 1949 dan Ph.D. dalam elektronik fisik dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1953. Dia melakukan penelitian di Philco Korporasi sampai 1956, ketika ia bergabung dengan Shockley Semiconductor Laboratorium di Palo Alto, California, untuk bekerja pada teknologi transistor.


Sebagai direktur penelitian Fairchild Semiconductor, dia bertanggung jawab untuk pengembangan awal perusahaan dan lini mesa silikon transistor planar produk. Pada tahun 1957 Noyce cofounded Fairchild Semiconductor Corporation di Mountain View, California. Dia direktur riset hingga awal 1959 ketika ia menjadi wakil presiden dan manajer umum.


Pada Juli 1968 ia dirikan bersama Intel Corp dengan Gordon E. Moore, yang juga pernah menjadi pendiri Fairchild Semiconductor dan anggota staf laboratorium Shockley. Noyce menjabat sebagai presiden dari Intel sampai 1975 dan ketua dewan 1975-1979.

Hasil Penemuan
Sirkuit terpadu yang digunakan di hampir semua peralatan listrik yang digunakan saat ini, dan mereka telah merevolusi dunia elektronik. Penemuan ini merupakan perbaikan besar atas perakitan manual rangkaian listrik, dan produksi massal membuat perangkat elektronik lebih murah dan lebih umum.

Artikel Terkait:

7 komentar: