Sabtu, 03 Desember 2011

Aksara Jawa Akan Menjadi Fitur Baru Di Microsoft


Ki Demeng Sokowetan, seorang pemerhati aksara jawa, mengungkapkan bahwa tulisan / aksara Jawa bakal menjadi font di dalam program Windows terbaru, pada komputer buatan perusahaan Microsoft.



Hal ini semakin diperkuat berkat dorongan bantuan dari UNESCO di KBJ [ Kongres Bahasa Jawa ] yang diadakan di Surabaya, yang turut serta untuk merealisasikan aksara jawa menjadi salah satu font di Windows.

Menurut Ki Demeng, UNESCO tertarik membantu karena mereka menganggap bahwa aksara jawa perlu diselamatkan agar tidak punah termakan jaman. Oleh karena itu, di daftarkannya aksara jawa sebagai salah satu Font di Program Windows.

Sebagai sebuah pengembangan, Pihak Microsoft beserta Apple juga sangat berkepentingan dalam mengikutsertakan Aksara Jawa sebagai salah satu Font program Windows, mengingat Indonesia merupakan pasar komputer yang juga dinamis.

Bahkan para pengembang software seluler sudah banyak yang menghubungi Ki Demeng, karena mereka sudah menciptakan software dengan Bahasa Jawa serta Aksara Jawa sebagai Unicode yang akan sangat mudah dipelajari oleh siapa saja.




Sumber : http://blogbrem.blogspot.com/2011/12/aksara-jawa-akan-segera-menjadi-salah.html

Artikel Terkait:

1 komentar: