Cara Mempercepat Booting Pada Windows 7

booting yang cepat tentu menjadi idaman setiap pengguna laptop/komputer. Memang, sudah menjadi hal yang alamiah bahwa seiring berjalannya waktu, boot-time menjadi semakin lambat. Bila  temen-temen pengguna Windows 7 dan merasa boot-time Windows temen-temen mulai lambat, jangan khawatir. Saya akan berbagi mengenai tips & trik supaya boot-time Windows Anda menjadi lebih cepat.

Sebelumnya, kita perlu mencari cara untuk menghitung boot-time secara akurat. Tentu saja kita bisa menggunakan jam tangan untuk keperluan ini, namun ada cara yang lebih akurat lagi. Pertama adalah menggunakan aplikasi yang bernama Boot Racer. Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk menghitung boot-time Windows. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi yang saya capture dari laptop HP saya sendiri berikut ini:
  • Pertama download dulu installer-nya (dalam bentuk zip), silahkan Klik Disini untuk download BootRacer.
  • Setelah itu install aplikasi, setelah selesai tampilan awal Boot Racer akan muncul seperti gambar dibawah. Klik saja di gambar stop watch tersebut. 
  • Setelah menekan tombol 'Start' maka akan muncul peringatan restart komputer, anda pilih saja 'Yes'
  • Pada saat memasuki Desktop, di sebelah kanan bawah akan muncul window kecil yang menunjukkan boot-time. Klik See why… untuk melihat detailnya.
  • Time To Logon adalah waktu sejak laptop menyala (Start) sampai ke menu Logon (karena saya menggunakan password untuk masuk ke Windows 7, sehingga pada saat booting mampir dulu ke menu Logon). Time to Desktop merupakan total waktu dari mulai Start sampai Desktop siap digunakan. User Logon Waiting Time merujuk pada jumlah waktu selama berada di menu Logon (untuk mengisi password). Klik Show History untuk melihat ringkasannya.
  • Di sini terlihat bahwa ada dua parameter utama yang digunakan Boot Racer, yaitu Time to Logon dan Time from Logon to Desktop.
Dari ilustrasi di atas, terlihat bahwa boot-time Windows 7 di laptop HP saya adalah 76 detik, dan mendapatkan rating Good. Waktu 6 detik untuk memasukkan password selama di menu Logon (User Logon Waiting Time), tidak dimasukkan dalam perhitungan untuk menentukan kecepatan boot-time secara keseluruhan (Time to Desktop).


sumber : http://amikomtips.blogspot.com/2011/10/cara-mempercepat-booting-windows-7.html

1 komentar:

  1. Excellent goods from you, man. I have take note your stuff prior to and you are
    just too magnificent. I really like what you've got here, certainly like what you're stating and the best way
    during which you are saying it. You are making it entertaining and you still care for to stay it wise.
    I cant wait to learn far more from you. This is actually a wonderful site.


    Here is my weblog; Eleven2 Testimonials

    BalasHapus